/

Rabu, 20 April 2011

Cah Tirtomoyo Jalan-jalan dan Wisata ke Wonogiri

Objek wisata merupakan tempat yang paling asyik buat rekreasi, menenangkan jiwa dan mencari inspirasi. setiap daerah pasti memiliki beberapa tempat objek wisata. Seperti didaerahku Wonogiri. Banyak Objek Wisata yang dapat diknjungi dan mungkin bisa menjadi referensi sahabat sekalian. berikut beberapa objek wisata yang ada diWonogiri. Tetapi sebelumnya Aku sebagian besar belum mengunjunginya sendiri. Karena kuper kali ya.



Tugu penyambutan Kota Wonogiri dari arah Barat( dari Surakarta)
Tetapi sebelumnya aku minta maaf karena hanya dapat mengambil foto dari blog lain dan mencari di eyang Google, mungkin nasib buruk sedang menimpa aku ketika suatu saat komputerku terserang virus "Zhola" yang mematikan file berformat .jpg, .mp3 dan lainnya. semua foto dan musik saya hancur hilang. pertama menjadi file ber icon smadav lalu terdeteksi smadav dan mau tidak mau harus di delete karena dah gak mungkin lagi kembali. Jadi mohon maaf saja kalau gambarnya Copas. karena aku hanya ingn memperkenalkan kampung halamanku saja yang mungkin bisa dijadikan option untuk liburan.
Objek wisata itu terdiri dari keadaan alam dan ada yang buatan. beberapa diantaranya sudah terkenal di Masyarakat umum. Objek didaerah Wonogiri antara lain

1. Waduk Gajah Mungkur
Gerbang Masuk Waduk Gajah Mungkur

Yang merupakan dahulu hasil buatan manusia, yang disahkan langsung oleh mantan Presiden Soeharto. Dimana waduk ii istilah lain adalah situ atau bendungan ini merupakan objek vital masyarakat wonogiri yaitu sebagai pengairan untuk petani yang kebetulan 
Tanggul Waduk Gajah Mungkur
Wonogiri bergerak sebagian besar di bidang agraris. Kepentingan yang lain untuk usaha tambak ikan air tawar. Ikan yang terdapat disana banyak seperti Jambal, Nila, Mujair, Sepat, Gabus,dll.
Saah satu sisi Waduk Gajah Mungkur
Sebagai Waduk Serba Guna (Area Plaza PLTA)

Waduk ini sendiri merupakan terusan untuk aliran sungai Bengawan Solo. Dari jantung kota Wonogiri terletak sebelah Selatan kurang lebih 6 kilo dari jantung kota.
Waduk dari sisi lainya
Waduk ini memiliki tempat rekreasi keluarga yaitu kebun binatang dan water boom yang baru dibangun tetapi juga sudah jadi kabarnya. Banyak aneka satwa dan kuliner disana. dan menu andalan adalah ikan bakar.
Salah satu dermaga di dalam Kebun Binatang WGM "Dermaga Cinta"

2. Pantai Nampu

Pantai Nampu
salah satu tempat di pantai nampu
Bukit peinggir pantai
Pantai nampu dari atas
Keindahan Pantai Nampu
yaitu salah satu pantai yang Dimiliki wonogiri dengan memiliki ciri khas khusus, masih asri dan berpasir putih bersih dan juga airnya jernih. Walau turutan pantai parang tritis tetapi kondisi pasir lain.  Tempatnya asyik dan masih terlihat alami sekali. letaknya 2 jam kes elatan dari jantung kota Wonogiri.  Terletak di kecamatan Paranggupito. akses masuknya masih lumayan rumit karena belum adanya pembugaran jalan masih jalan kecil. kirakira untuk 1 bus mini.

3. Pantai Sembukan
Pantai sembukan Dan semenanjungnya

Pantai sembukan
salah satu sisi Pantai Sembukan
Yaitu pantai Yang sama indahnya dengan Nampu beach yang letaknya tidak begitu jauh dari nampu kuarang lebih setengah jam dari Pantai Nampu. Disana ada Masjid diatas bukit yang tinggi yang harus nelewati tangga yang tinggi butuh waktu 20 menitan untuk yang niat naik kesana. dan ada pelatan di salah satu bukit di semenanjungnya. Jadi terasa kita seperti berdiri ditengah laut saat diatasnya. so asyik. masih alami banyak karang dan pongpongan dipantainya. tempat ini biasanya pada hari tertentu buat upacara adat "larung" yang dilakukan masyarakat wonogiri

4. Museum Karst

Musium Karst Wonogiri, Pracimantoro
Dalam Gedung Musium
Musium ini terletak di kecamatan Pracimantoro. Lumayan jauh dari Wonogriri kota kurang lebih 2 jam juga ke selatan. disana terdapa gua dari gunung kapur, dan terlihat alami. banyak stalagmit dan stalagtit disana. dan yang dapat dilihat yaitu batuan-batuan alam yang ada dimusium batuan langka dan indah. ada juga tempat penjualan oleh-oleh dari batu. seperti cincin dll.

5. Air Terjun Girimanik

Terletak di daerah Bulu kerto. Ke arah timur dari wonogiri. Kurang lebih 2 jam perjalanan. Disana terdapa 3 air terjun yang letaknya berjauhan. Air terjun pertama lumayan dekat dari area parkir. Untuk menuju air terjun kedua jalan kaki setapak terjal 2 km. dan dari 2 ke 3 jalan 3 km lagi. lumayan jauh tetapi cocok untuk jiwa petualang.
air Terjun Giri manik

Keindahan salah satu Air Terjun Girimanik


Sebenarnya masih banyak lagi objek wisata di wonogiri mungkin suatu saat bisa aku sambung lagi ceritanya dan tentunya dari foto yang pribadi. karena keterbatasan aku untuk mengambil karena sedang diperantauan. semoga menikmati dan bisa dijadikan pertimbangan untuk rekreasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar