/

Kamis, 19 Mei 2011

Cara Efektif Mencegah Flu saat Musim Flu Tiba



Penyakit flu memang tidak bisa ditebak kapan datang dan perginya.Flu sering terjadi di saat musim pancaroba dan penghujan dimana suhu udara yang tidak menentu membuat ketahanan tubuh kita akan semakin melemah.Penyakit flu disebarkan oleh jenis virus influenza dan memiliki gejala-gejala hidung gatal,bersin-bersin disertai lendir,demam dan tak jarang disertai dengan batuk.Untuk pengobatan memang tergolong mudah dan ringan tergantung dari masing-masing orang.Namun bukan berarti kita bisa menyepelekan penyakit ini,apapun penyakitnya jika tidak dapat tertangani dengan segera semakin lama semakin parah.Untuk itu lebih baik kita mencegah daripada mengobati,karena mencegah adalah cara yang bijak dan sangat efisien.Nah,bagaimana cara kita mencegah penyakit flu?

1. Tutup mulut sewaktu batuk

Tutup mulut dan hidung Anda sewaktu Anda bersin atau batuk. Gunakan tisu, kemudian buang tisu tersebut, atau bersin pada lengan Anda.

2. Cuci tangan Anda

Mencuci tangan merupakan cara nomor satu untuk mencegah dari menularkan penyakit. Cuci dengan sabun dan air atau gunakan pembersih tangan dengan alkohol. Ingat, mencuci tangan menyelamatkan nyawa!

3. Tinggal di rumah ketika Anda sedang sakit

Jika Anda jatuh sakit, jangan ditularkan kepada orang lain. Hindari dari berada dekat dengan orang lain. Jika bisa,tinggal di rumah dan jangan ke sekolah dan tempat kerja, atau melakukan tugas ketika Anda sedang sakit. Juga, jika Anda merawat diri Anda, Anda akan sembuh dengan lebih cepat.

4. Dapatkan imunisasi flu Anda

Cara terbaik untuk mencegah flu adalah mendapatkan imunisasi flu setiap tahun. Bulan Oktober atau November merupakan waktu terbaik untuk mendapatkan suntikan flu, tetapi Anda masih dapat menerima suntikan pada bulan Desember atau kemudiannya.
Dengan menjalankan langkah-langkah di atas setidaknya kita akan sedikit terhindar dari penularan virus influenza yang memang dapat merambah dengan cepat dan memberikan efek penularan yang relatif singkat.So,lebih baik kita mencegah daripada mengobati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar